protap

PROTAP MENGHADAPI ANCAMAN BOM

  1. PENERIMA TELEPON AGAR TETAP TENANG DAN MENCATAT WAKTU TELEPON DI TERIMA
  2. PANCING SEBANYAK MUNGKIN KETERANGAN DARI SI PENELPON , SUARA SEKITAR PENELPON , LOGAT BAHASA DAN CATAT APA YANG DI BICARAKAN
  3. BILA MEMUNGKINKAN BERI ISYARAT TEMAN TERDEKAT UNTUK MELAPOR KEPADA ATASAN TERKAIT.
  4. KEPALA PENGAMANAN MINTA BANTUAN POLRI
  5. APABILA DIPANDANG PERLU LAKUKAN EVAKUASI PEGAWAI..

PROTAP MENGHADAPI AKSI UNJUK RASA MASSA

  1. SEGERA LAPOR KE ATASAN SETEMPAT / KEPALA KEAMANAN.
  2. TUTUP PINTU GERBANG DAN RUANGAN.
  3. PINDAHKAN KENDARAAN KE TEMPAT PARKIR YANG LEBIH AMAN.
  4. KERAHKAN PETUGAS DAN SEBAGIAN PEGAWAI UNTUK OPERASI SIMPATIK , MEMBUJUK MASSA MENGURUNGKAN NIATNYA.
  5. PERKUAT BARIKADE PERTAHANAN
  6. SIAPKAN ALAT PEMADAM KEBAKARAN
  7. SIAPKAN PERALATAN KESELAMATAN DAN PENYELAMATAN.

PROTAP MENGHADAPI KERUSUHAN MASSA

  1. SEGERA MENGHINDAR DARI KERUSUHAN
  2. LAPOR KEPADA ATASAN TERKAIT
  3. APABILA PERLU EVAKUASI PEGAWAIDAN KELUARGA KE TEMPAT/KOTA LAIN
  4. MINTA BANTUAN KEAMANAN DAN PERKUAT PENJAGAAN KANTOR.
  5. PERTAHANKAN KESAN BAHWA KITA TIDAK MEMIHAK/ NETRAL

PROTAP BENCANA KEMACETAN LIFT

  1. SEGERA CARI KETERANGAN JUMLAH ORANG DAN POSISI.
  2. UPAYAKAN BERKOMUNIKASI TERHADAP ORANG YANG TERJEBAK. PENGGUNA DIMINTA TENANG DAN JELASKAN PERTOLONGAN SEDANG DI LAKUKAN.
  3. SIAPKAN P3K TANDU DAN TABUNG GAS.
  4. UPAYAKAN MENGGERAKAN LIFT SECARA MANUAL SAMPAI LANTAI TERDEKAT DAN BUKA PAKSA PINTUNYA.
  5. BERIKAN PERTOLONGAN KEPADA PENGGUNA LIFT.

PROTAP BENCANA KEBAKARAN

  1. PASTIKAN LOKASI/TEMPAT/RUANGAN SUMBER KEBAKARAN
  2. MINTA BANTUAN DINAS KEBAKARAN
  3. SEGERA BERI PERINGATAN DINI KEPADA SELURUH PEGAWAI BAIK MELALUI SOUND ATAU ALARM.
  4. PADAMKAN API DENGAN MENGAKTIFKAN HIDRAN ATAU ALAT PEMADAM KEBAKARAN TERDEKAT.
  5. PANDU EVAKUASI PEGAWAI KETEMPAT YANG AMAN.
  6. BERIKAN PERTOLONGAN PERTAMA BAGI YANG CIDERA.
  7. LAKUKAN INVENTARISASI KERUGIAN.

PROTAP BENCAN BANJIR DI LOKASI KANTOR

  1. 1.MATIKAN GENSET ATAU JARINGAN LISTRIK YANGBERPOTENSI MENIMBULKAN

KONSLETING.

  1. PINDAHKAN PERALATAN DAN DOKUMEN DARI RUANGAN YANG BERPOTENSI

TERGENANG AIR KE RUANGAN YANG LEBIH AMAN.

  1. SIAPKAN POMPA PENGHISAP AIR , PERAHU KARET DAN PERALATAN P3K

PROTAP BENCANA GEMPA BUMI

  1. SAAT ITU JUGA UMUMKAN TERJADINYA GEMPA BUMI DAN PEGAWAI DI HIMBAU BERLINDUNG DI BAWAH MEJA ATAU MENDEKATI TIANG UTAMA BANGUNAN.
  2. DISUSUL DENGAN INTRUKSI EVAKUASI PEGAWAI UNTUK MENINGGALKAN GEDUNG SECEPAT MUNGKIN.
  3. PANDU PEGAWAI AGAR BERHIMPUN DI LAPANGAN YANG RELATIF AMAN.
  4. LAKUKAN PENYISIRAN RUANGAN UNTUK MELIHAT KEMUNGKINAN ADANYA KORBAN ATAU KERUSAKAN.
  5. SETELAH KEADAAN DEMIKIAN AMAN MAKA PEGAWAI DAPAT BEKERJA KEMBALI.

PROTAP MENGHADAPI ORAANG MENGAMUK/MENGANCAM

  1. HADAPI SECARA SIMPATIK , RAMAH ,FAMILIAR NAMUN SIAGA DAN WASPADA.
  2. TANYAKAN PERMASALAHANYA DAN TAWARKAN BANTUAN UPAYA MENYELASAIKAN.
  3. LAPOR KEPADA PIMPINAN TERKAIT.
  4. UPAYAKAN PENYELESAIAN DAMAI SECARA MUSYAWARAH.
  5. BILA TIDAK BERHASIL TANGKAP OKNUM PELAKU.
  6. BILA TIDAK SANGGUP MENGATASI LAPOR DAN MINTA BANTUAN POLRI TERDEKAT.
  7. BERIKAN PERTOLONGAN KEPADA KORBAN LUKA/ CI DERA BILA ADA.

PROTAP MENGHADAPI KEGADUHAN DILOKASI/INSTANSI

  1. DAPATKAN TEMPAT SUMBER KEGADUHAN
  2. DAPATKAN KEJELASAN UNIT DAN ATASAN YANG BERTANGUNG JAWAB ATAS UNIT TERSEBUT.
  3. INFORMASIKAN KEGADUHAN TERSEBUT KEPADA ATASAN UNIT TERSEBUT DAN MOHON TINDAK LANJUTNYA.

PROTAP MENGHADAPI PERKELAHIAN DI KANTOR

  1. PISAHKAN AGAR PERKELAHIAN TERHENTI.
  2. BERIKAN PENGETAHUAN KEPADA KEDUA PIHAK UNTUK MENYELESAIKAN SECARA DAMAI.
  3. BILA DIPANDANG PERLU LAPOR KEPADA ATASAN TERKAIT
  4. BERIKAN PERAWATAN BILA ADA YANG TERLUKA
  5. BILA TIDAK TERATASI JUGA SEGERA MINTA BANTUAN KEPOLISIAN TERDEKAT.

PROTAP MENGHADAPI PENCURIAN

  1. LAKUKAN PENGAMANAN TEMPAT KEJADIAN PERKARA (TKP) DAN MENJAGA STATUS QUO LALU LAKSANAKAN PENYELIDIKAN PENGUSUTAN PENDAHULUAN.
  2. LAPOR KEPADA ATASAN TERKAIT.
  3. INVENTARISIR DATA / KETERANGAN YANG BERKAITAN DENGAN KASUS.
  4. ANALISIS KELEMAHAN/KERAWANAN UNTUK PENINGKATAN UPAYA KEAMANAN LEBIH LANJUT.
  5. BILA TERDAPAT TERSANGKA/ PELAKU LAKUKAN PEYELIDIKAN.
  6. BILA TERDAPAT BARANG BUKTI AGAR DIAMANKAN.

PROTAP MENGHADAPI PERAMPOKAN DI INSTANSI

  1. TINGKATKAN KEWASPADAAN PENGAMANAN MULAI JAM KANTOR TUTUP PINTU GERBANG DAN LOBI DI TUTUP .
  2. BILA ADA SEJUMLAH ORANG YANG MENCURIGAKAN SEGERA LAPOR DAN MINTA BANTUAN.
  3. USAHAKAN MENGAKTIFKAN ALARM
  4. BILA KEKUATRAN SEIMBANG LAKUKAN PERLAWANAN. JIKA TIDAK YANG PENTING KESELAMATAN PETUGAS.
  5. USAHAKAN MENGINGAT CIRI2 PELAKU , JUMLAH , SENJATA YANG DI PAKAI DAN KENDARAAN YANG DI GUNAKAN.
  6. LAPOR PADA KESEMPATAN PERTAMA KEPADA ATASAN SERTA INSTANSI TERKAIT

PROTAP MENGHADAPI INTIMIDASI

  1. PEGAWAI DIHARAPKAN BERSIKAP SABAR , ARIF DAN SETENANG MUNGKIN.
  2. JANGAN TAKUT DAN JANGAN TERPANCING EMOSI.
  3. HADAPI OKNUM PELAKU DENGAN SETENANG MUNGKIN DAN DENGAN HATI DINGIN.
  4. PANCING DAN TAMPUNG PERMASALAHANNYA.
  5. CATAT / INGAT IDENTITAS / CIRI PELAKU , LATAR BELAKANG ANCAMANNYA.
  6. JANGAN MEMBERI KOMETMEN DI LUAR WEWENANG.
  7. JELASKAN SDAJA TUGAS DAN PEKERJAAN SENDIRI SERTA ATURAN PERUSAHAAN YANG BERLAKU.
  8. SEGERA LAPOR KEPADA ATASANN TERKAIT.
  9. DALAM KEADAAN MEMUNGKINKAN GANTUI NOMOR TELEPON.
  10. APABILA PERLU KORBAN MELAPORKAN KE POLISI.
  11. APABILA KEADAAN SANGAT KRITIS LAKUKAN EVAKUASI PENYELAMATAN PEGAWAI KELUARGANYA.
Pos ini dipublikasikan di Pengamanan Prima. Tandai permalink.

Satu Balasan ke protap

  1. warno.s berkata:

    pak terima kasih sharingnya ..sangat berguna buat temen2 sas di tanjung redeb

Tinggalkan komentar