PROTAP MENGHADAPI ANCAMAN BOM
- PENERIMA TELEPON AGAR TETAP TENANG DAN MENCATAT WAKTU TELEPON DI TERIMA
- PANCING SEBANYAK MUNGKIN KETERANGAN DARI SI PENELPON , SUARA SEKITAR PENELPON , LOGAT BAHASA DAN CATAT APA YANG DI BICARAKAN
- BILA MEMUNGKINKAN BERI ISYARAT TEMAN TERDEKAT UNTUK MELAPOR KEPADA ATASAN TERKAIT.
- KEPALA PENGAMANAN MINTA BANTUAN POLRI
- APABILA DIPANDANG PERLU LAKUKAN EVAKUASI PEGAWAI..
PROTAP MENGHADAPI AKSI UNJUK RASA MASSA
- SEGERA LAPOR KE ATASAN SETEMPAT / KEPALA KEAMANAN.
- TUTUP PINTU GERBANG DAN RUANGAN.
- PINDAHKAN KENDARAAN KE TEMPAT PARKIR YANG LEBIH AMAN.
- KERAHKAN PETUGAS DAN SEBAGIAN PEGAWAI UNTUK OPERASI SIMPATIK , MEMBUJUK MASSA MENGURUNGKAN NIATNYA.
- PERKUAT BARIKADE PERTAHANAN
- SIAPKAN ALAT PEMADAM KEBAKARAN
- SIAPKAN PERALATAN KESELAMATAN DAN PENYELAMATAN.
PROTAP MENGHADAPI KERUSUHAN MASSA
- SEGERA MENGHINDAR DARI KERUSUHAN
- LAPOR KEPADA ATASAN TERKAIT
- APABILA PERLU EVAKUASI PEGAWAIDAN KELUARGA KE TEMPAT/KOTA LAIN
- MINTA BANTUAN KEAMANAN DAN PERKUAT PENJAGAAN KANTOR.
- PERTAHANKAN KESAN BAHWA KITA TIDAK MEMIHAK/ NETRAL
PROTAP BENCANA KEMACETAN LIFT
- SEGERA CARI KETERANGAN JUMLAH ORANG DAN POSISI.
- UPAYAKAN BERKOMUNIKASI TERHADAP ORANG YANG TERJEBAK. PENGGUNA DIMINTA TENANG DAN JELASKAN PERTOLONGAN SEDANG DI LAKUKAN.
- SIAPKAN P3K TANDU DAN TABUNG GAS.
- UPAYAKAN MENGGERAKAN LIFT SECARA MANUAL SAMPAI LANTAI TERDEKAT DAN BUKA PAKSA PINTUNYA.
- BERIKAN PERTOLONGAN KEPADA PENGGUNA LIFT.
PROTAP BENCANA KEBAKARAN
- PASTIKAN LOKASI/TEMPAT/RUANGAN SUMBER KEBAKARAN
- MINTA BANTUAN DINAS KEBAKARAN
- SEGERA BERI PERINGATAN DINI KEPADA SELURUH PEGAWAI BAIK MELALUI SOUND ATAU ALARM.
- PADAMKAN API DENGAN MENGAKTIFKAN HIDRAN ATAU ALAT PEMADAM KEBAKARAN TERDEKAT.
- PANDU EVAKUASI PEGAWAI KETEMPAT YANG AMAN.
- BERIKAN PERTOLONGAN PERTAMA BAGI YANG CIDERA.
- LAKUKAN INVENTARISASI KERUGIAN.
PROTAP BENCAN BANJIR DI LOKASI KANTOR
- 1.MATIKAN GENSET ATAU JARINGAN LISTRIK YANGBERPOTENSI MENIMBULKAN
KONSLETING.
- PINDAHKAN PERALATAN DAN DOKUMEN DARI RUANGAN YANG BERPOTENSI
TERGENANG AIR KE RUANGAN YANG LEBIH AMAN.
- SIAPKAN POMPA PENGHISAP AIR , PERAHU KARET DAN PERALATAN P3K
PROTAP BENCANA GEMPA BUMI
- SAAT ITU JUGA UMUMKAN TERJADINYA GEMPA BUMI DAN PEGAWAI DI HIMBAU BERLINDUNG DI BAWAH MEJA ATAU MENDEKATI TIANG UTAMA BANGUNAN.
- DISUSUL DENGAN INTRUKSI EVAKUASI PEGAWAI UNTUK MENINGGALKAN GEDUNG SECEPAT MUNGKIN.
- PANDU PEGAWAI AGAR BERHIMPUN DI LAPANGAN YANG RELATIF AMAN.
- LAKUKAN PENYISIRAN RUANGAN UNTUK MELIHAT KEMUNGKINAN ADANYA KORBAN ATAU KERUSAKAN.
- SETELAH KEADAAN DEMIKIAN AMAN MAKA PEGAWAI DAPAT BEKERJA KEMBALI.
PROTAP MENGHADAPI ORAANG MENGAMUK/MENGANCAM
- HADAPI SECARA SIMPATIK , RAMAH ,FAMILIAR NAMUN SIAGA DAN WASPADA.
- TANYAKAN PERMASALAHANYA DAN TAWARKAN BANTUAN UPAYA MENYELASAIKAN.
- LAPOR KEPADA PIMPINAN TERKAIT.
- UPAYAKAN PENYELESAIAN DAMAI SECARA MUSYAWARAH.
- BILA TIDAK BERHASIL TANGKAP OKNUM PELAKU.
- BILA TIDAK SANGGUP MENGATASI LAPOR DAN MINTA BANTUAN POLRI TERDEKAT.
- BERIKAN PERTOLONGAN KEPADA KORBAN LUKA/ CI DERA BILA ADA.
PROTAP MENGHADAPI KEGADUHAN DILOKASI/INSTANSI
- DAPATKAN TEMPAT SUMBER KEGADUHAN
- DAPATKAN KEJELASAN UNIT DAN ATASAN YANG BERTANGUNG JAWAB ATAS UNIT TERSEBUT.
- INFORMASIKAN KEGADUHAN TERSEBUT KEPADA ATASAN UNIT TERSEBUT DAN MOHON TINDAK LANJUTNYA.
PROTAP MENGHADAPI PERKELAHIAN DI KANTOR
- PISAHKAN AGAR PERKELAHIAN TERHENTI.
- BERIKAN PENGETAHUAN KEPADA KEDUA PIHAK UNTUK MENYELESAIKAN SECARA DAMAI.
- BILA DIPANDANG PERLU LAPOR KEPADA ATASAN TERKAIT
- BERIKAN PERAWATAN BILA ADA YANG TERLUKA
- BILA TIDAK TERATASI JUGA SEGERA MINTA BANTUAN KEPOLISIAN TERDEKAT.
PROTAP MENGHADAPI PENCURIAN
- LAKUKAN PENGAMANAN TEMPAT KEJADIAN PERKARA (TKP) DAN MENJAGA STATUS QUO LALU LAKSANAKAN PENYELIDIKAN PENGUSUTAN PENDAHULUAN.
- LAPOR KEPADA ATASAN TERKAIT.
- INVENTARISIR DATA / KETERANGAN YANG BERKAITAN DENGAN KASUS.
- ANALISIS KELEMAHAN/KERAWANAN UNTUK PENINGKATAN UPAYA KEAMANAN LEBIH LANJUT.
- BILA TERDAPAT TERSANGKA/ PELAKU LAKUKAN PEYELIDIKAN.
- BILA TERDAPAT BARANG BUKTI AGAR DIAMANKAN.
PROTAP MENGHADAPI PERAMPOKAN DI INSTANSI
- TINGKATKAN KEWASPADAAN PENGAMANAN MULAI JAM KANTOR TUTUP PINTU GERBANG DAN LOBI DI TUTUP .
- BILA ADA SEJUMLAH ORANG YANG MENCURIGAKAN SEGERA LAPOR DAN MINTA BANTUAN.
- USAHAKAN MENGAKTIFKAN ALARM
- BILA KEKUATRAN SEIMBANG LAKUKAN PERLAWANAN. JIKA TIDAK YANG PENTING KESELAMATAN PETUGAS.
- USAHAKAN MENGINGAT CIRI2 PELAKU , JUMLAH , SENJATA YANG DI PAKAI DAN KENDARAAN YANG DI GUNAKAN.
- LAPOR PADA KESEMPATAN PERTAMA KEPADA ATASAN SERTA INSTANSI TERKAIT
PROTAP MENGHADAPI INTIMIDASI
- PEGAWAI DIHARAPKAN BERSIKAP SABAR , ARIF DAN SETENANG MUNGKIN.
- JANGAN TAKUT DAN JANGAN TERPANCING EMOSI.
- HADAPI OKNUM PELAKU DENGAN SETENANG MUNGKIN DAN DENGAN HATI DINGIN.
- PANCING DAN TAMPUNG PERMASALAHANNYA.
- CATAT / INGAT IDENTITAS / CIRI PELAKU , LATAR BELAKANG ANCAMANNYA.
- JANGAN MEMBERI KOMETMEN DI LUAR WEWENANG.
- JELASKAN SDAJA TUGAS DAN PEKERJAAN SENDIRI SERTA ATURAN PERUSAHAAN YANG BERLAKU.
- SEGERA LAPOR KEPADA ATASANN TERKAIT.
- DALAM KEADAAN MEMUNGKINKAN GANTUI NOMOR TELEPON.
- APABILA PERLU KORBAN MELAPORKAN KE POLISI.
- APABILA KEADAAN SANGAT KRITIS LAKUKAN EVAKUASI PENYELAMATAN PEGAWAI KELUARGANYA.
pak terima kasih sharingnya ..sangat berguna buat temen2 sas di tanjung redeb